Tips Menanam Bunga Matahari versi Kutanam.com

2175

Tips Menanam Bunga Matahari versi Kutanam.com

Tips Menanam Bunga Matahari

Bunga matahari memiliki ukuran besar dan warnanya mencolok. Bunga ini sering digunakan sebagai hiasan di taman. Disamping itu, biji matahari atau yang sering disebut dengan kuaci juga bisa dipanen dan dinikmati sebagai camilan. Selama ini apakah anda tahu bahwa bunga matahari yang begitu indah, cara menanamnya juga mudah diterapkan? Tips menanam bunga matahari ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan bijinya.

Biasanya bunga matahari mempunyai ketinggian 0,5 sampai 4,5 meter. Tanaman ini dapat tumbuh dimanapun. Karena memiliki bentuk yang indah, saat ini banyak tempat wisata yang mengusung tema berupa kebun bunga matahari sebagai salah satu daya tarik utamanya.

Tips Menanam Bunga Matahari

Disamping mudah, ternyata cara penanaman bunga matahari yang berasal dari bijinya juga sangat murah. Ada tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan biji bunga matahari ini. Namun dalam penggunaannya, anda harus memilih biji dengan kualitas yang bagus supaya hasil tanaman bunga mataharinya juga bagus. Anda dapat membeli biji atau benih bunga matahari di toko pertanian di sekitar anda.

Berikut ini adalah beberapa tips menanam bunga matahari versi Kutanam.com yang bisa anda jadikan sebagai panduan agar mendapatkan bunga matahari yang besar dan indah.

  • Menentukan Lokasi Penanaman

Sifat tanaman bunga matahari selalu mengikuti arah sinar matahari dan cenderung menghadap ke timur. Bunga matahari mempunyai zat hormon auxin yakni hormon tanaman yang bisa mengendalikan pertumbuhan. Oleh sebab itu, usahakan lokasi penanamannya tidak memiliki halangan yang menghalangi sinar matahari. Pilih lokasi penanaman yang sepenuhnya terkena pancaran sinar matahari supaya bisa menghasilkan kualitas bunga matahari yang maksimal.

  • Menyemai Bibit Bunga Matahari

Supaya bunga matahari bisa tumbuh secara maksimal, maka lebih dulu anda lakukan penyemaian agar mendapatkan bibit unggul. Bibit tersebut bisa didapatkan dari indukan pertama yang umurnya sudah tua.

Ketika melakukan penyemaian, sebaiknya siram dengan air secukupnya di media semai yang diisi campuran tanah, pupuk kompos, dan juga arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Kemudian taburkan bibit di media semai, tunggu selama 30 hari. Jika tanaman tumbuh hingga mencapai ketinggian 15 sampai 20 cm, baru dipindahkan ke lokasi tanam.

  • Mengolah Media Tanam

Berikutnya, tips menanam bunga matahari agar hasilnya bagus adalah dengan mengolah media tanam terlebih dahulu. Media tanam bunga matahari bisa menggunakan pt atau di lahan terbuka untuk skala besar.

Bila anda ingin menanam bunga matahari menggunakan pot, maka anda bisa memilih pot yang besar dan tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Anda bisa mencampur tanah dan juga pupuk kandang dengan perbandingan 3 : 1.

Kemudian masukkan media tanam dalam pot secara merata hingga penuh. Lalu siram dengan air secukupnya, jangan terlalu banyak air. Kemudian tunggu bibit yang siap dipindahkan ke pot dari tempat penyemaian.

  • Proses Penanaman

Bila media tanam sudah disiapkan, anda tinggal memindahkan bibit dengan ketinggian 20 cm dari tempat penyemaian ke dalam pot. Ketika memindahkan, sebaiknya dilakukan penyiraman terlebih dahulu. Supaya saat dikeluarkan dari tempat penyemaian, bibit tidak rusak dan pecah.

Kemudian lubangi tengah pot yang sudah disiapkan dengan campuran tanah dan juga pupuk kandang tadi. Lalu masukkan bibit tanaman bunga matahari yang sudah disiapkan. Tutup kembali dengan tanah sampai ke batas pangkal batang bibit bunga matahari.

Perawatan bunga matahari bisa dilakukan dengan penyiraman air rutin setiap hari pagi dan sore. Anda harus ingat walaupun butuh cahaya matahari yang banyak, tanaman ini juga butuh pasokan air yang banyak agar kelembabannya terjaga. Oleh sebab itu, bunga matahari harus rutin disiram, namun jangan sampai terkena air. Ini adalah salah satu tips menanam bunga matahari versi Kutanam.com yang bisa anda jadikan panduan.